6 Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Bawa Pulang.

Pulau Bali adalah salah satu destinasi pariwisata untuk wisatawan lokal ataupun wisatawan asing. Pulau Bali juga disebut dengan sebutan seribu Pura karena begitu banyak Pura yang ada di Bali dan juga sangat banyak destinasi destinasi di Bali yang wajib banget buat kalian kunjungin saat berbilur ke Bali. Tidak hanya alamnya yang eksotis tetapi Bali juga memiliki kuliner hingga souvenir yang bisa kalian beli untuk dihadiahkan sebagai oleh-oleh.

Nah….,  saat berlibur ke Bali kurang lengkap ya rasanya jika tidak bawa oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman dekat.

Nih… aku kasih beberapa oleh-oleh khas Bali yang wajib kamu bawa jika berlibur ke Bali antara lain adalah :

 

  1. Baju Barong Bali

Oleh-oleh yang satu ini tidak asing lagi, baju barong ini sangat dicari oleh wisatawan asing maupun lokal. Kaos Barong menjadi salah satu oleh-oleh khas Bali yang paling diminati wisatawan saat berkunjung ke Bali. Ternyata kaos ini tercipta dari sebuah ketidaksengajaan.

“Kaos barong itu saya temukan tanpa sengaja, saat sedang melakukan percobaan untuk mewarnai kain Endek,” ujar Pande Ketut Krisna, di kediamannya di Batubulan, Gianyar. Lebih lanjut, pria kelahiran 21 Juni 1946 ini menjelaskan, saat menemukan kaos Barong sekitar tahun 1969. Ia dan keluarganya di Gianyar tengah mencoba mengembangkan kreasi kain Endek Bali. Saat itu, warna kain Endek Bali maksimal hanya dua warna. Sejak dibuat tahun 1969 hingga saat ini, penjualan kaos Barong selalu stabil. Permintaan tak hanya datang dari wilayah Indonesia, tapi juga dari mancanegara.” Kutip from www.sejarahBali.com

  1. Batik Bali

Tidak hanya Yogyakarta dan Pekalongan yang berbangga dengan batiknya, Bali juga memiliki batik yang tidak kalah bagus. Batik Bali biasanya mengambil motif bunga kamboja, bunga kembang sepatu, penari Bali, ikan, Singa bersayap dll. Selain motif tradisional kini juga banyak pengrajin batik Bali menambahkan motif-motif baru dan batik Bali kini memiliki motif yang sangat berbeda dengan batik lainya. Batik Bali juga memiliki beberapa cara pembuatannya seperti ada batik cetak dan batik menggunakan canting  panas yang diaplikasikan ke dalam  kain menggunakan tangan ( tulis ).

  1. Pie Susu Asli Enaaak

Pie Susu Asli Enaaak adalah salah satu oleh-oleh yang sangat digemari oleh wisatawan, bahkan banyak orang yang rela antri sebelum toko dibuka untuk mendapatkan makan khas Bali ini. Pie ini hanya ada di Bali saja jadi tidak heran jika oleh-oleh ini wajib kalian bawa jika kalian berlibur ke Bali. Ada banyak merek Pie Susu yang beredar di Bali. Tetapi merek yang paling terkenal tetaplah “Pie Susu Asli Enaaak” yang sudah ada sejak tahun 1989. Sesuai dengan namanya, rasanya memang benar-benar enak, lezat dan lembut guysss. Agak susah mendapatkan Pie Susu merek ini di toko-toko bebas.

  1. Pia Legong

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan oleh-oleh yang satu ini guys, yup Pia Lengong. Pia Legong adalah salah satu kue khas Bali yang sangat diminati oleh banyak orang yang berlibur ke Bali dan tidak sedikit orangpun yang rela mengantri panjang demi mendapatkan kue khas Bali yang berbentuk bulat padat dan di dalamnya terdapat beberapa varian rasa seperti : keju, coklat dan kacang hijau. Kue yang satu ini diproduksi terbatas untuk menjaga kesegaran dan kualitas produknya.

  1. Roti Ayam Betutu dan Roti Sambal Matah

Guyss, ini makanan atau oleh-oleh yang lagi hits di Bali, yaa namanya Roti Ayam Betutu dan Roti Sambal Matah. Ayam Betutu Bali dan Sambal Matah adalah masakan khas Bali yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Nah sekarang, sudah hadir juga roti yang di dalamnya berisi ayam betutu dan sambal matah. Roti Ayam Betutu dan sambal matah teksturnya sangat empuk dan ditambah dengan perpaduan bumbu yang begitu gurih dan nikmat….rasanya semakin mantap di lidah kalian guys

  1. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani Bali datang dari lokasi khusus dengan ketinggian tempat di atas 900 dpl (umumnya tanaman kopi diatas 1000 m). Agroekosistem Kopi Kintamani Bali pas untuk kopi Arabika serta system pertaniannya homogen di lokasi Kintamani (lebah ilmu.com). Kopi Kintamani ini banyak di cari wisatawan karna terkenal dengan original kopinya. Wisatawan juga dapat melihat pembuatan kopi dari proses pemetiakan sampai menjadi kopi yang siap saji. Bagi kalian penggemar kopi, belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali namun belum mencicipi nikmatnya Kopi Kintamani khas Bali, so try to enjoy it.

 

Nahhh, itu dia daftar oleh – oleh khas Bali yang wajib anda bawa pulang jika liburan di Bali.

Tapi ada beberapa pertanyaan??????

Hmmm… gimana kalau seadainya anda tidak sempat membeli oleh-oleh tersebut karena waktu mepet, tapi anda sudah harus cepat-cepat balik karena ada panggilan mendadak dari kantor?

Gimana kalau anda tidak mau waktu liburan anda terganggu/tersita hanya karena mengantri untuk membeli oleh-oleh tersebut?

Gimana kalau kamu lupa beli? Terus takut tengkar sama pacar karena ga dibelikan oleh-oleh pesanannya?? ;D

Gimana kalau anda tidak sempat berkunjung ke Bali tapi ingin oleh-oleh khas Bali?

Solusinya?? Tinggal klick aja https://blanjabali.com/. Kami juga sudah tersedia di Playstore & Apple App Store. Liburan jalan terus oleh-olehnya Blanjabali yang urus and Have a nice holiday guysss

2 Comments

  1. Kalo ke Bali nggak bawain oleh oleh atau lupa ngebeliin buat orang tersayang heeem rasanya gimana gitu. Tapi nggak usah kawatir sekarang mah gan. Klik aja blanjabali.. beresss dah. Soal aku pernah kayak gitu gan. Klik aja blanjabali, oleh oleh nyampe deh buat si yayang ku….

  2. Kalo ke Bali nggak bawain oleh oleh atau lupa ngebeliin buat orang tersayang heeem rasanya gimana gitu. Tapi nggak usah kawatir sekarang mah gan. Klik aja blanjabali.. beresss dah. Soalnya aku pernah kayak gitu gan. Klik aja blanjabali, oleh oleh nyampe deh buat si yayang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *